java

Belajar Java Sangatlah Menyenangkan Ayoooo Belajar Java . . . . . .

Minggu, 15 September 2013

PBO ( class,objek,atribut,konstanta )


dasar-dasar

Kelas
Pengenalan Kelas
•Kelas merupakan kerangka kode yang berisikan struktur atribut, struktur prosedur dan struktur fungsi yang digunakan untuk membuat objek.
•Sebuah kelas dapat menghasilkan lebih dari satu objek.
Membuat Kelas
•Nama kelas harus sama dengan nama File.
•Nama kelas tidak boleh mengandung huruf unik (@, #, $, %, &, dll) dan huruf whitespace (spasi, enter, tab, dll)
class NamaKelas {
   
    // isi kelas
   
}

Objek
Pengenalan Objek
merupakan hasil instansiasi dari kelas.
•Untuk membuat objek,  dapat menggunakan perintah new.
•Atribut, metode dan fungsi yang dimiliki oleh objek, hanya yang dideklarasikan dalam kelas.
Membuat Objek
•Objek merupakan variabel yang memiliki tipe data Kelas
•Kriteria pembuatan objek sama seperti pembuatan variabel.
NamaKelas object = new NamaKelas();

Atribut
•Atribut merupakan data atau sifat yang dimiliki oleh sebuah kelas.
•Atribut dibuat layaknya sebuah variabel.
Membuat Atribut
class NamaKelas {
    TipeData namaAtribut;
   
}
Manipulasi Atribut
•Atribut dapat diakses lewat kelas.
•Untuk mengakses atribut, dapat menggunakan tanda . (titik)
    NamaKelas objek = new NamaKelas();
    objek.namaAtribut = …;

Konstanta
•Sebuah atribut dapat dijadikan sebagai konstanta.
•Caranya sama dengan membuat variabel konstanta, yaitu dengan menambahkan perintah final.
Membuat Konstanta
class NamaKelas {
    TipeData namaAtribut;
    final TipeData namaKonstanta = …;
}

Tidak ada komentar: