dasar-dasar
Kelas
Pengenalan
Kelas
•Kelas
merupakan kerangka kode yang berisikan struktur atribut, struktur prosedur dan
struktur fungsi yang digunakan untuk membuat objek.
•Sebuah
kelas dapat menghasilkan lebih dari satu objek.
Membuat
Kelas
•Nama kelas
harus sama dengan nama File.
•Nama kelas
tidak boleh mengandung huruf unik (@, #, $, %, &, dll) dan huruf whitespace
(spasi, enter, tab, dll)
class
NamaKelas {
// isi kelas
}
Objek
Pengenalan
Objek
• merupakan hasil instansiasi dari
kelas.
•Untuk
membuat objek, dapat menggunakan perintah new.
•Atribut,
metode dan fungsi yang dimiliki oleh objek, hanya yang dideklarasikan dalam
kelas.
Membuat
Objek
•Objek
merupakan variabel yang memiliki tipe data Kelas
•Kriteria
pembuatan objek sama seperti pembuatan variabel.
NamaKelas
object = new NamaKelas();
Atribut
•Atribut
merupakan data atau sifat yang dimiliki oleh sebuah kelas.
•Atribut
dibuat layaknya sebuah variabel.
Membuat
Atribut
class
NamaKelas {
TipeData namaAtribut;
}
Manipulasi
Atribut
•Atribut
dapat diakses lewat kelas.
•Untuk
mengakses atribut, dapat menggunakan tanda . (titik)
NamaKelas objek = new NamaKelas();
objek.namaAtribut = …;
Konstanta
•Sebuah
atribut dapat dijadikan sebagai konstanta.
•Caranya
sama dengan membuat variabel konstanta, yaitu dengan menambahkan perintah
final.
Membuat
Konstanta
class
NamaKelas {
TipeData namaAtribut;
final TipeData namaKonstanta = …;
}
Tidak ada komentar:
Posting Komentar